Thursday, July 30, 2015

Ada Cerita di Kuburan

Ngomongin soal kuburan, dulu aku paling suka liat orang dikubur di kuburan. Setiap ada tetangga yang meninggal pasti aku nggak pernah melewatkan momen untuk melihat proses penguburan. Bersama teman-teman ikut mengiringi jenazah menuju kuburan. Bahkan sangat kurang afdol kalau belum di pinggir liang kubur. Sampai sering dimarahin bapak-bapak pengurus pemakaman, karena sangat mengganggu sekali.

Namanya anak-anak, semakin dilarang semakin jadi. Mundur sebentar, beberapa menit kemudian sudah berada di dekat liang lagi. Maunya apa ini anak? Sampai aku penasaran, apa yang ada dipikiranku saat itu. Kenapa melihat proses pemakaman sangat begitu menyenangkan seperti halnya nonton karnaval. Nggak lucu kan kalau suatu saat aku ditanya apa hobiku saat kecil, aku jawab nonton pemakaman dikuburan.


Setelah memasuki kelas 6 SD aku sudah jarang mengikuti proses pemakaman lagi. Bukannya nggak mau, udah nggak ada temen soalnya. Kan malu. Tapi kalau ada keluarga yang meninggal pasti ikut lagi. Sama aja -,-

Ada banyak cerita di kuburan. Dari aku kecil yang hobi nonton proses pemakaman, sampai aku ketemu seseorang yang pernah mengisi hatiku. Ealah. Tahun 2011, saat nenekku meninggal aku pun ikut prosesi pemakamannya. Ehh, nggak tahunya ketemu sama temen masa TK. Singkat cerita kami jadi deket lagi deh. Nggak lama sih, karena banyak hal yang bikin kami berdua tidak cocok. Pertengkaran banyak mewarnai hari-hari. Ya kali, ketemuannya di pemakaman. Nggak lucu kan kalau kami sampai nikah yang ngehits bukan karena dia temen TK, tapi karena ada cinta dibalik pemakaman. Atau kalau dibikin judul FTV jadi ‘ Kuburan I’m in Love’. Iyuuuhhh.

Klimaks dari tulisan ini adalah bahwa setelah satu tahun lebih bapakku meninggal dan  setelah 3 tahun nggak ke kuburan, akhirnya H-2 lebaran kemarin (16/07/15) aku berkesempatan mengunjungi kuburan keluargaku. Dalam hal ini, aku bener-bener ziarah, bukan buat liat orang dikubur atau mainan bunga sawerannya. Ini beneran ziarah. Mungkin kalau bukan bapak aku nggak pernah ziarah kali ya… Entahlah.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu wawa’sil madkholahu bilmai wassalji wal baraj..

(=^.^=)


*ditulis pada H+2 lebaran, 19 Juli 2015

No comments:

Post a Comment